Selasa, 03 November 2015

Perempuan Tanpa Nama #Repost RadityaDika


Kali ini aku mau  Menanggapi bukunya raditya dika yang  koala kumal , jadi diantara judul - judul yang ada dibuku itu aku jadi keinget satu judul yang judulnya “perempuan tanpa nama” . Dijudul itu dipaparkan awalnya gini..

BANYAK laki laki dalam perjalanan hidupnya tidak sengaja bertemu dengan perempuan menarik tapi gak berani ngajak kenalan.Perempuan itu pun pergi berlalu,berujung dengan para laki-laki ini berandai: apa yang terjadi seandainya gue berani ngomong sama dia?...

Oke bang dika .karyamu aku terusin dikit ya hihi.
Jadi sama kayak raditya dika ataupun para laki-laki diluar sana yang mengalami hal serupa ketika bertemu dengan seseorang wanita yang mereka suka tapi tak berdaya untuk menyapa.
Ada beberapa perempuan tanpa nama yang udah lewat dan berlalu begitu aja.Dan disini aku juga mau cerita tiga diantara perempuan perempuan tanpa nama itu.





















SATU

 Perempuan tanpa nama yang paling aku ingat nyampe sekarang  adalah Wanita berkaca mata yang aku  temukan di ujian SPMB (seleksi bersama masuk perguruan tinggi  jalur mandiri) ,waktu itu dia duduk pas disebelah kiriku . ntah kenapa saat itu tuhan selalu tau apa yang aku mau .
          Jadi   waktu itu aku telat setengah jam lebih untuk masuk kekelas.karena hujan,akhirnya aku masuk dengan baju yang agak basah.semua orang melihatku  sinis.mungkin saat itu mereka agak terganggu dengan keterlambatan dan dengan tubuh ku yang hampir basah kuyup.tapi baiknya pengawas masih mempersilahkan ku untuk mengikuti ujian.Dan  aku pun masuk dengan memberikan senyum kepada orang-orang  yang melihatku sinis. Aku duduk dibangku ku dengan kondisi tubuh yang basah.sambil memperhatikan orang orang disekitarku yang mengerjakan ujiannya dengan raut wajah yang serius.disebelah kanan ada laki laki yang agak item yang ku  pikir  dia berasal dari mars.dia kuliah dibumi karena ditempatnya kekurangan air.dan disebelah kiriku ada wanita berkaca mata yang memiliki bibir feminim.yang kalo diliat dari samping bibirnya kelihatan kayak nikita mirzani pas baru pulang umroh.hidungnya mancung dengan dialaskan sela-sela kacamatanya.keseriusan wajahnya  seperti memancarkan sinar ultra ke arah kota  yang baru ditutup mendung.
     Aku mulai mengerjakan soal-soalku dengan agak gelisah karena pekat diselimuti basah kuyup.orang disebelahku mulai terganggu dan beberapa kali melihat ku.karena merasa sangat terganggu, akhirnya dia mencoba menegur ku .
“Kenapa?..” kata perempuan berkaca mata itu .”ini nih basah..” aku Cuma menjawab sekena ku . dia pun hanya menggeleng kan kepalanya.
Dan beberapa saat kemudian dia memberikan absen ke arahku.
‘ini absen….

Aku mengambilnya .ketika itu kami saling menatap.ntah kenapa aku langsung kebawa sama mata evilnya  .dan akhirnya….booom!  anjeng, aku kena.!
Dibalik wajahnya yang serius ternyata dia bisa memberikan tatapan yang membuatku enggak bisa lupa sama  gaya dia menyapaku.anehnya setelah itu dia memberikan senyuman pertamanya kearahku .gak tau apa saat itu yang terlintas dalam pikiranku tapi yang jelas waktu itu kaca mata itemnya udah berhasil membuatku jatuh cinta.

Aku jadi berpikir dua hari ujian dikampus itu akan menjadi berwarna setelah diselimuti gelapnya bumi Indonesia raya saat itu.Awalnya sih aku enggak ada niat untuk masuk ke kampus debu itu . soalnya  dari awal dulu aku sering ngeliat didepan kampusnya banyak angkot angkot yang mengekspor debu debu dari cina.

Balik ke ujiannya .oke setelah itu aku mulai curi kesempatan buat ngeliat wajahnya lebih lama.mulai dari sering minjem rautan pensil (padahal waktu itu dimejaku juga ada rautan).Sampe pura-pura nanya nanya gak jelas yang tujuannya cuma satu .Cuma buat mancing dia supaya memberikan senyum evilnya  lagi buatku .
Ketika ujian berakhir kami pulang.eh ralat.kami pulang sendiri sendiri.-_-   Aku mikir keras .kenapa gak disapa lagi aja terus ajak pulang bareng atau sekedar tanya nama terus menjalar ke nomer hape .jujur waktu itu aku gak kayak pahlawan  pahlawan indonesia yang gagah berani   dan sangat heroik melawan penjajahan belanda .Dan disini aku hanya berhadapan dengan seseorang  berkacamata yang mengisyaratkanku untuk menanyakan namanya.tapi apa daya ku tak kuasa ,akhirnya aku pulang dengan berharap hari esok akan  punya cerita lebih baik dari hari ini.aku berharap besok aku masuk ke dunia avatar dan akan membuat ku berani untuk menanyakan namanya.
            Esok harinya aku datang lebih awal   *ciee . ya namanya juga perjuangan.Tapi yang disayangkan waktu itu dia yang datangnya malah telat .entah dia mau menyamai ketelatanku dihari pertama atau  jangan jangan dia udah tau niat jahatku . maybe.
 Hari ke dua ujian kami cuma interview.sambil nungguin nomer urutnya dipanggil (kebetulan nama kami di urutan terakhir).kami  berdua ngobrol panjang lebar  dan sampai saat itu aku belum dapet namanya siapa sampai nomer urut kami dipanggil . pas wawancara dua dua peserta yang di wawancara.kebetulan kami dipanggil bersamaan karena nomer urutnya yang sebelahan.Ini namanya satu orang menginterview dua orang .anehnya yang menginterview hanya menanyakan nomer urut tanpa menanyakan nama kami .yang mewawancarai kami waktu itu seorang bapak bapak yang aku gak tau dikampus itu sebagai dosen dimata kuliah apa atau jangan jangan dia bukan dosen.Atau malah jangan jangan dia sweeper.
“kamu asal sekolah dari mana.?” . Tanya bapak sok pinter itu kepada kami berdua.
Aku jawab duluan “ saya dari SMA BudiUtomo jawa timu, pak”
Entah kenapa cewe kaca mata disebelahku langsung merasa aneh . “kok jauh?”  katanya dengan nada penasaran .”aku gakpapa kok”. Jawabku sambil memberikan senyum simpul kearahnya. Dia makin merasa aneh .

“kenapa sampe sana?” bapak  tadi menyambung pembicaraannya .
”bapak gak tau ya. Sayakan cowok  pak”
“terus hubungannya?” dia juga merasa aneh.
“cowok kan harus merantau pak..
*dia Cuma menggelengkan kepalanya tanda tak mampu.

Singkat cerita Setelah sama-sama merasa keanehan di interfiu kami .dia  menceritakan semua hal hal yang lucu dalam interfiunya tadi.kami sama sama tertawa .
Hari tu indah dan sayang untuk  membayangkan waktu yang berjalan begitu cepat .Setelah itu kami pulang . Dan dunia avatar yang diharap-harapkan akan datang dihari itu ternyata enggak muncul jugak.entah kenapa hari yang manis itu diakhiri dengan penyesalan.dan akhirnya dihari itu dia menghilang .gak tau apakah akan datang kembali atau tidak . aku gak tau kalok ketemu suatu saat nanti dia masih mengingatku atau enggak.seperti pandanganku dia adalah orang yang pintar .aku sangat yakin dia akan lulus  dikampus itu.yang ku harapkan akan bertemu di kampus yang sama .Dan sekarang entah kebetulan atau tidak ,kelas yang kami pakai untuk ujian waktu itu jadi kelas ku sehari hari .aku Cuma berharap kepada waktu agar jangan terlalu lama menemukan kami kembali.



DUA

Waktu itu aku kelas 2 SMA,dan Perempuan tanpa nama yang selanjutnya ini adalah seorang “hantu” .iya hantu . aku bertemu di lantai 4  Tunjungan Plaza Surabaya .Waktu itu dia lagi parade show sama rekan rekannya di Rumah Hantu Indonesia.aneh ya.suka sama hantu. Tapi gapapa hantunya cakep kok.temen temenku yang lain aja suka.:p
            Mbak  hantu yang aku taksir ini dia sebagai hantu promo yang buat orang poto poto gitu .hidungnya mancung, bentuk matanya bulet ,rambutnya terurai panjang.dan dia make kostum seragam anak SMA dijepang, wajahnya di make up ancur biar kayak hantu beneran.tapi buat ku dibalik make up ancurnya tersimpen wajah yang cakep kok kalok diilangin make up nya.jadi hantu aja cakep hehe.
Akhirnya aku sama 7 temen ku lainnya nyamperin hantu jepang ini ,dan anjir dari dekat memang dia emang manusia .manusia yang mungkin suatu saat nanti bisa pacaran sama manusia normal kayak aku.walaupun aku yang lebih mirip kayak hantu. Dia beneran cantik .entah kenapa dia ngambil profesi itu.jadi hantu.pas temen temenku mau masuk ke museum hantu,aku diluar dan punya kesempatan buat deket sama mbak hantu jkt48 ini.karena banyak diantara temen temenku yang juga naksir sama hantu jepang ini loh.jadi pas mereka semua masuk ke museum hantu itu aku jadi agak tenang menghalalkan segala caraku.  Setiap mbak hantu itu muter muter buat promo aku selalu membuntuti di  belakangnya ,setiap dia ngomong sama orang orang, aku ikut ngomong . pokoknya kerjaannya jadi keganggu gara gara aku.ya karna kan setiap orang akan jadi aneh ketika mulai menyuka seseorang.mungkin waktu itu-- itulah yang terjadi padaku. Aku sangat sangat pede buat deketin mbak itu .padahal aku tau kalo umurnya  mbak itu mungkin dua tahun atau tiga tahun atau lima tahun sebelum masehi lebih tua dari pada aku.aku gak mikir kesitu.yap because love does not look at it men!
Setelah usaha yang keras akhirnya aku bisa ngomong sama mbak hantu itu walaupun sambil jalan-jalan kesana kemari .dan  sering loh ditengah tengah pembicaraan tiba tiba dia menghindar karena dilihat oleh atasannya.ya namanya juga kerja. Diajak poto aja gak boleh,ya itu karena peraturan dari atasannya yang kalo poto sama hantu disitu harus ada prosedurnya.poto aja ada prosedurnya apalagi nikah ya?hehe
Jadi gitu deh soal hantu mbak jkt48 yang selalu menghantui disetiap abu abu malamku .Selalu gentayangan didalam pikiranku. wajah make up putihnya masih kebayang sampe sekarang.wangi rambutnya yang terurai selalu membuat ku melayang.

 Okedeh Semoga bisa ketemu lagi ya mbak. toss…





TIGA

Cewe yang ini seorang anak pesantren cantik .Tingginya sekitar 160 senti gitu,bentuk wajahnya oriental menawan yang di dukung dengan pancaran  putih alami tanpa bantuan call center.
Waktu itu aku lagi duduk dibawah pohon beringinnya salah satu  pesantren di Jakarta timur .lagi nungguin sialji yang mau jemput aku buat main keliling Jakarta.Alji itu kawan baik dari SMA  dulu .dia anak gawl jekardah.makanya aku minta dia buat jemput aku yang terdampar dipesantren itu .rumahnya dijakarta utara.jadi Jakarta utara ke timur itu butuh waktu tempuh sejaman kalo dia gak meninggal.dan sejam itu kalo dipake buat nunggu serasa kayak sejam setengah.
Dan disini lah cewe berkerudung biru itu muncul . dia datang seorang diri dari arah selatan ku duduk . sebenernya dari dua hari sebelumnya aku udah sering liat cewe ini lewat senyum senyum didepanku.tapi dihari terakhirku dijakarta itu entah dia ngebawa jimat apa yang membuat dia berbeda saat itu.wajahnya putih berseri yang membuatnya mengalingin duniaku .(kek iklan .iya iklan thailand.) Karena aku  sadar dia bakal jadi cewek yang akan lewat begitu aja dan kayaknya dia jugak tau kalok aku akan berlalu begitu aja buat dia .karena sebelumnya dia juga menitipkan salamnya buat ku lewat orang orang yang ada ditempat  itu,dia juga sempat ngebuat surat gelap buat aku .Entah setan apa yang membisikan dia untuk bisa suka denganku.dan tuhan selalu punya cara untuk memberikan rejeki kepada hambanya lewat cara apapun .termasuk lewat cara menggelap kan mata batin cewe cantik itu.hihi
Pas waktu dia hampir lewat didepan ku duduk . spontanitas menyelamatkan kisahku hari itu. “eh.?” . kataku dengan spontan. “iya.” Katanya entah dengan spontan juga atau enggak aku gak tau.Dan Buat cewe cewe pesantrenan pada umumnya mungkin  keliatan aneh buat ngebales sapaan orang yang mungkin belum di kenalnya dekat .tapi disaat itu, dia merespon baik sapaan ku .Dan yang lebih mencengang kan ku sampe sekarang dan selamanya dia mau buat ngobrol  sedikit dengan ku dibawah pohon beringin itu.
Namun sayang sejuta ribu sayang .ketika dia baru mulai duduk di emperan dengan ku, entah kenapa batang leher si alji tiba tiba terihat dari kejauhan .karena Alji seonggok manusa pemakan segala.dengan berat hati aku menyuruh pergi cewe dengan membawa wajah manis tersebut.sebernya disitu kata yang terucap dariku untuknya Cuma kalimat “dari mana” yang hanya dijawab dengan ucapan “dari luar” . dan akhirnya Alji memisahkan hari manisku saat itu.Dia pergi.Dan disisi lain aku dibawa pergi sama siAlji keluar menikmati abunya kota Jakarta .Malam terakhirku dijakarta saat itu menjadi kelam .Gara gara si Alji datang bukan tepat pada waktunya . Andaikan aku dijemput setengah jam lebih lama mungkin saat ini aku udah telfonan sepanjang malem make pulsa dia.
Selewat malem itu aku diantar kebandara sukarno hatta untuk balik ke Medan dengan rasa yang sedikit tertinggal disela-sela hati wanita berkerudung biru itu.serasa pulang dengan membawa beban yang tak seharusnya dibawa untuk pulang.membuat otak ini bekerja untuk selalu menerka namanya.  Dan dikabin pesawat terlihat jendela yang ditutupi oleh awan awan hembusan perasaan tak terarah.

                                                          ~











            Oke ya jadi cerita ini Cuma merespon dari perempuan tanpa namanya Raditya dika . karna memang  bener sih setiap lelaki pasti melewatkan perempuan perempuan tanpa nama itu dalam hidpunya.mungin mereka mereka berandai jika perempuan tanpa nama itu bisa datang kehidupnya dengan  nama mereka ,pasti kehidupannya bakal jauh lebih menarik dan lebih berwarna dari sebelumnya.Dan perempuan-perempuan itu akan selalu ada disetiap pikiran lelaki ketika mengandai disepanjang malam.

3 komentar: